Pilih Bahasa:
Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Saat ini, arahan strategis atau utama dari Kejaksaan RI terdiri dari tiga kegiatan yaitu :

  1. Program percepatan (quick Wins)
  2. Penilaian kinerja organisasi saat ini
  3. Penyusunan Postur Birokrasi 2025

Program percepatan merupakan salah satu program utama untuk peningkatan kualitas pelayanan publik. Demi membangun kembali kepercayaan masyarakat (public trust building) terhadap Kejaksaan, program ini dipilih karena memiliki daya ungkit (key leverage) yang terkait dengan perbaikan produk utama (core business) suatu lembaga. Hasil perubahan dalam program percepatan ini dapat dengan mudah terlihat dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat pencari keadilan.

Mengingat tugas utama Kejaksaan adalah di bidang penuntutan dan penanganan perkara maka program quick wins yang akan dilaksanakan oleh Kejaksaan adalah :
  1. Percepatan penanganan perkara dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam penegakan hukum
  2. Penerapan Sistem Teknologi Informasi (on line) Penanganan Perkara Tindak Pidana Korupsi (mulai dari proses Penyelidikan sampai Eksekusi, jumlah kasus korupsi, pengembalian kerugian negara, tanggal dan nomor bukti setoran ke kas negara, dll.)
  3. Penerapan Sistem Teknologi Informasi (on line) dalam Pengelolaan Pengaduan Jaksa yang terkena hukuman disiplin;
  4. Pengembangan (up dating) website Kejaksaan Rl sehingga masyarakat dapat mengakses informasi penanganan perkara dan pengaduan masyarakat
Langkah-langkah Pelaksanaan Quick Wins
  1. Pembenahan SOP penanganan perkara Pidsus dan Pidum, serta laporan masyarakat
  2. Pembenahan sistem informasi penanganan perkara Pidsus dan Pidum, serta laporan masyarakat
  3. Pembenahan website Kejaksaan
  4. Penerapan SOP baru dalam penanganan perkara Pidum, Pidsus dan laporan masyarakat. (percepatan dalam hal waktu penanganan perkara dan kedisiplinan terhadap prosedur)